DIECAST MINIATUR MOBIL Karangasem

DIECAST MINIATUR MOBIL Karangasem

DIECAST MINIATUR MOBIL Karangasem
Pembaca tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau bersama mendegar dong merk yang pertama... sebab anak2 pria selalu merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat kediaman dgn kata lain supermarket-supermarket besar di kota, tersisip jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast merupakan mainan atau jenis yang diproduksi menerapkan sistem die-casting, yg bermakna memakai sistem pelelehan logam alias logam utk sesudahnya dituang dengan dicetak sebati dengan jenis yang diinginkan. Die-cast logam diproses dari metal (logam) & plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Karangasem
Bahan
Metal yang dipegunakan rata-rata yakni zamak (mazak) yg ialah alloy (campuran) zinc (seng) dengan alluminium. Zamak juga dikenal sbg white logam alias pot metal. Mainan yg normal menggunakan kaidah die casting kebanyakan yakni mainan rupa dgn skala ibaratnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Meskipun sebenarnya apapun mampu diciptakan dengan aneka tips ini.

Di atas yakni terma ilmiahnya, tapi bagi para penggemar diecast, para om & tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak banget perduli dengan istilahnya, karna mereka bisa sebagaimana keracunan / addicted kalau udah terjerembab cinta pd rupa tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dengan lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling tak concern k'lo diecast incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan nilai selangit, alias nggak rasional utk orang pada umumnya.

Model-model versi mini yg sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol ialah sebutan bakal para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini kendatipun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 dgn kata lain lebih), tapi mempunyai price ekonomi yang amat bagus kalau kita bisa jeli menengok peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) mampu memperoleh komplemen pendapatan dari menekuni karier miniatur ini. Malahan banyak yg mampu menghidupi keluarganya murni cuman dari pencaharian miniatur ini.

Kebetulan saya yakni salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis semasa menyukai mainan ini, hingga dgn terlibat & menjalankan jual-beli, peredaran uang di pekerjaan mainan diecast ini tak main-main. Di puluhan grup facebok yg penulis ikuti, maupun di Instagram, masing-masing 24 jam ada ratusan transaksi baik jual pesan maupun lelang yg nilainya mampu fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs diecast sekali menjalani lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yg menjalankan lelang kecil-kecilan atau sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Karangasem

DIECAST MINIATUR MOBIL Karangasem

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, jika 5000 pcs versi mini yg dilelang, pergantian uang yg terjadi di sini dpt menggapai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Belum lagi bila ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg jual/beli jual beli langsung...pasti angkanya mampu wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Karangasem
Harga
Price juga sangat bervariasi beserta berat menjelma tinggi, terlebih amat tinggi bagi item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Price miniatur gantungan (sebutan untuk hotwheels beserta lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi kalau rupa miniatur tertentu sedang naik daun serta menjadi incaran para kolektor, harganya sanggup berubah ratusan ribu, jutaan, lebih-lebih puluhan juta. Miniatur yg menjelma merchandise di event tertentu juga pasti bisa menjelma melambung harganya. Pd hajatan IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise modeling morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Karangasem
Cerita
Byk cerita yg terjadi di dunia demen yang satu ini. Tapi untuk orang semacam saya, yg seorang kolektor, suka ini, mencintai diecast mampu menjadi amat menguntungkan. Bagi item tertentu dpt kita hold/tahan hingga price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya bisa untuk weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir thn tanpa mengusik kas utama keluarga...he2...

Nah, sebenarnya byk kesempatan dari hal-hal yg kita sukai dengan kata lain dari hanya suka kita bagi mendatangkan uang, tinggal dengan manual apa kita pengen menyikapinya, pengen memulainya, kepingin menekuninya, serupa penulis serta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Karangasem

DIECAST MINIATUR MOBIL Karangasem

DIECAST MINIATUR MOBIL Karangasem

LihatTutupKomentar