DIECAST MINIATUR MOBIL Gerung

DIECAST MINIATUR MOBIL Gerung

DIECAST MINIATUR MOBIL Gerung
Jurangan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau dan dengar dong merk yang pertama... karena anak2 cowok selamanya merengek minta dibelikan kalau ke minimarket dekat rumah dgn kata lain supermarket-supermarket gede di kota, termuat jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast merupakan mainan atau jenis yang diproduksi memakekan proses die-casting, yg bermakna memakai operasi pelelehan metal alias metal utk sesudahnya dituang & dicetak sesuai dengan rupa yang diinginkan. Die-cast logam diproduksi dari metal (logam) bersama plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Gerung
Bahan
Logam yg dipakai kebanyakan yakni zamak (mazak) yg yaitu alloy (campuran) zinc (seng) beserta alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white logam atau pot metal. Mainan yg regular memakaikan pola die casting kebanyakan ialah mainan rupa dengan ukuran ibaratnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sungguhpun sedianya apapun dpt dikerjakan dengan strategi ini.

Di atas ialah sebutan ilmiahnya, tetapi untuk para penggemar diecast, para om beserta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak terlampau perduli dgn istilahnya, karna mereka mampu semacam keracunan / addicted bila udah terjerembab cinta pada desain tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dengan lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast tidak concern kalo versi mini incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn harga selangit, alias nggak rasional bakal orang pada umumnya.

Model-model modeling yg sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol yaitu nama utk para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) stock koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sekalipun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 alias lebih), tapi mendapatkan harga ekonomi yg sangat bagus k'lo kita sanggup jeli menyaksikan peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt menemukan lebih honor dari menekuni karier modeling ini. Lebih-Lebih byk yang sanggup menghidupi keluarganya murni hanya dari bisnis diecast ini.

Kebetulan penulis yaitu salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis selagi menggemari mainan ini, sampai dgn terlibat dan melaksanakan jual-beli, perputaran uang di bisnis mainan modeling ini nggak main-main. Di puluhan grup FB yg penulis ikuti, ataupun di Instagram, masing-masing day ada ratusan jual/beli positive jual pesan maupun lelang yang nilainya sanggup fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs diecast sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yang mengerjakan lelang kecil-kecilan atau sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Gerung

DIECAST MINIATUR MOBIL Gerung

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau lima ribu pcs versi mini yg dilelang, perputaran uang yg terjadi di sini sanggup menggapai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Belum lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang jual/beli jual berbelanja langsung...pasti angkanya bisa wow untuk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Gerung
Harga
Value juga sangat bermacam-macam dan mengarah berubah tinggi, bahkan amat tinggi bagi item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai diecast gantungan (sebutan bakal hotwheels serta lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi kalau jenis diecast tertentu sedang naik daun & menjelma incaran para kolektor, harganya sanggup menjadi ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Miniatur yg menjelma merchandise di event tertentu juga pasti bisa berubah melambung harganya. Pd kegiatan IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Gerung
Cerita
Byk dongeng yg terjadi di dunia kegemaran yg satu ini. Namun buat orang seperti saya, yang seorang kolektor, hobi ini, mencintai miniatur sanggup menjelma amat menguntungkan. Bagi item tertentu mampu kita hold/tahan hingga harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat buat weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir thn tidak perlu merintangi kas primer keluarga...he2...

Nah, sebenarnya banyak potensi dari hal-hal yg kita sukai alias dari hyn kegemaran kita utk mendatangkan uang, tinggal gimana kita mau menyikapinya, kepingin memulainya, hendak menekuninya, seperti saya bersama kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Gerung

DIECAST MINIATUR MOBIL Gerung

DIECAST MINIATUR MOBIL Gerung

LihatTutupKomentar