DIECAST MINIATUR MOBIL Tutuyan

DIECAST MINIATUR MOBIL Tutuyan

DIECAST MINIATUR MOBIL Tutuyan
Boss tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Bila merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau & mendegar dong merk yg pertama... krn anak2 cowo terus-menerus merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat bangunan atau supermarket-supermarket besar di kota, termasuk jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast ialah mainan atau jenis yg diproduksi menggunakan aturan die-casting, yang bermakna lewat metode pelelehan logam alias logam utk sesudahnya dituang bersama dicetak sebati dgn model yg diinginkan. Die-cast metal dirancang dari metal (logam) & plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tutuyan
Bahan
Logam yang dipegunakan biasanya ialah zamak (mazak) yang ialah alloy (campuran) zinc (seng) serta alluminium. Zamak juga dikenal sbg white logam dgn kata lain pot metal. Mainan yg standar memakekan teknik die casting biasanya merupakan mainan model dengan size ibaratnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Walaupun sebetulnya apapun dpt dikerjakan dengan prosedur ini.

Di atas yakni terma ilmiahnya, namun buat para penggemar diecast, para om bersama tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak terlampau perduli dengan istilahnya, krn mereka mampu semacam keracunan / addicted kalau sudah jatuh cinta pada rupa tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, beserta lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini tidak care kalo modeling incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan price selangit, dengan kata lain enggak rasional bagi orang pada umumnya.

Model-model miniatur yang sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yakni nama buat para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) stok koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini walaupun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 alias lebih), tapi mempunyai value ekonomi yg amat bagus bila kita dapat jeli menonton peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) sanggup mendapatkan komplemen salary dari menekuni usaha modeling ini. Lebih-Lebih byk yang bisa menghidupi keluarganya murni hanya dari profesi versi mini ini.

Kebetulan saya yaitu salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis sewaktu menyukai mainan ini, sampai dgn terlibat dan memperbuat jual-beli, liquiditas uang di usaha mainan modeling ini tidak main-main. Di puluhan grup facebok yg saya ikuti, maupun di Instagram, tiap day ada ratusan jual/beli bagus jual pesan ataupun lelang yang nilainya mampu fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs versi mini sekali melaksanakan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yg melaksanakan lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tutuyan

DIECAST MINIATUR MOBIL Tutuyan

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalo 5000 pcs modeling yang dilelang, aliran uang yang terjadi di sini dpt menggapai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Belum lagi kalau ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg transaksi jual pesan langsung...pasti angkanya mampu wow bagi mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tutuyan
Harga
Nilai juga sangat berupa-rupa bersama berat menjadi tinggi, bahkan amat tinggi utk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Value miniatur gantungan (sebutan buat hotwheels dan lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun kalau desain diecast tertentu sedang naik daun bersama menjelma incaran para kolektor, harganya sanggup berubah ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Modeling yang menjelma merchandise di event tertentu juga pasti dapat menjelma melambung harganya. Pd kegiatan IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tutuyan
Cerita
Byk cerita yang terjadi di dunia hobi yang satu ini. Tapi utk orang seperti saya, yang seorang kolektor, kesukaan ini, mencintai modeling sanggup berubah sangat menguntungkan. Buat item tertentu sanggup kita hold/tahan sampai nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya mampu buat weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir thn minus mengacaukan kas pokok keluarga...he2...

Nah, sebetulnya byk probabilitas dari hal-hal yang kita sukai alias dari semata-mata hobi kita buat mendatangkan uang, tinggal dengan sistem apa kita hendak menyikapinya, kepingin memulainya, ingin menekuninya, sebagaimana penulis dan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tutuyan

DIECAST MINIATUR MOBIL Tutuyan

DIECAST MINIATUR MOBIL Tutuyan

LihatTutupKomentar