DIECAST MINIATUR MOBIL Kuala Pembuang

DIECAST MINIATUR MOBIL Kuala Pembuang

DIECAST MINIATUR MOBIL Kuala Pembuang
Boss tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti pernah tau & denger dong merk yang pertama... sebab anak2 laki-laki selalu merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat permukiman atau supermarket-supermarket besar di kota, tertanam jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan alias tipe yang diproduksi menerapkan pola die-casting, yg berarti memakai proses pelelehan metal atau logam untuk sesudahnya dituang & dicetak bertimbal dengan bentuk yang diinginkan. Die-cast metal dikerjakan dari logam (logam) & plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kuala Pembuang
Bahan
Metal yg dipegunakan rata-rata merupakan zamak (mazak) yang yakni alloy (campuran) zinc (seng) beserta alluminium. Zamak juga dikenal selaku white metal atau pot metal. Mainan yg jamak memakaikan kaidah die casting rata-rata adalah mainan tipe dgn ukuran misalnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Meskipun sedianya apapun dpt diurus dengan petunjuk ini.

Di atas adalah nama ilmiahnya, tetapi utk para penggemar diecast, para om & tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak betul-betul perduli dengan istilahnya, karna mereka sanggup semacam keracunan / addicted jika sudah tersandung cinta pada tipe tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, bersama lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast tak care k'lo versi mini incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan nilai selangit, alias tidak rasional bagi orang pd umumnya.

Model-model diecast yg sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol adalah istilah untuk para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) stok koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sekalipun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 alias lebih), tapi memiliki nilai ekonomi yg amat bagus k'lo kita dpt jeli memandang peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa menemukan extra pendapatan dari menekuni pekerjaan miniatur ini. Sampai-Sampai byk yg bisa menghidupi keluarganya murni cukup dari pencaharian diecast ini.

Kebetulan saya yakni salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis semasa mengandrungi mainan ini, sampai dgn terlibat dan mengerjakan jual-beli, rotasi uang di penghidupan mainan modeling ini nggak main-main. Di puluhan grup FB yg saya ikuti, maupun di Instagram, setiap 24 hour ada ratusan jual/beli baik jual pesan ataupun lelang yg nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs modeling sekali melakukan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yg menjalani lelang kecil-kecilan alias sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kuala Pembuang

DIECAST MINIATUR MOBIL Kuala Pembuang

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, k'lo lima ribu pcs miniatur yang dilelang, pertukaran uang yang terjadi di sini dpt sampai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Belom lagi kalau ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg transaksi jual pesan langsung...pasti angkanya sanggup wow bakal mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kuala Pembuang
Harga
Nilai juga sangat berupa-rupa beserta berat menjadi tinggi, sampai-sampai amat tinggi buat item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Price versi mini gantungan (sebutan bagi hotwheels & lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi kalo design miniatur tertentu sedang naik daun serta menjelma incaran para kolektor, harganya dpt berubah ratusan ribu, jutaan, lebih-lebih puluhan juta. Diecast yang berubah merchandise di event tertentu juga pasti bisa menjadi melambung harganya. Pd hajatan IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kuala Pembuang
Cerita
Banyak cerita yg terjadi di dunia kesukaan yg satu ini. Namun buat orang semacam saya, yang seorang kolektor, demen ini, mencintai miniatur dpt menjadi amat menguntungkan. Untuk item tertentu mampu kita hold/tahan sampai value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup utk weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir thn tidak perlu memprovokasi kas esensial keluarga...he2...

Nah, sebetulnya byk kesempatan dari hal-hal yg kita sukai atau dari hanya gemar kita buat mendatangkan uang, tinggal gimana kita pengen menyikapinya, pengen memulainya, pengen menekuninya, serupa penulis dan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kuala Pembuang

DIECAST MINIATUR MOBIL Kuala Pembuang

DIECAST MINIATUR MOBIL Kuala Pembuang

LihatTutupKomentar