DIECAST MINIATUR MOBIL Labuha

DIECAST MINIATUR MOBIL Labuha

DIECAST MINIATUR MOBIL Labuha
Pembaca tahu diecast?

Mobil-mobilan?

K'Lo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti pernah tau dan dengar dong merk yang pertama... krn anak2 cowok senantiasa merengek minta dibelikan k'lo ke minimarket dekat bangunan atau supermarket-supermarket besar di kota, terlingkungi jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yaitu mainan dengan kata lain desain yang diproduksi menerapkan petunjuk die-casting, yg bermakna menggunakan sistem pelelehan logam dengan kata lain metal bakal lantas dituang & dicetak sesuai dgn model yg diinginkan. Die-cast metal dikerjakan dari metal (logam) dengan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Labuha
Bahan
Metal yang dipake rata-rata yakni zamak (mazak) yg yaitu alloy (campuran) zinc (seng) serta alluminium. Zamak juga dikenal selaku white metal atau pot metal. Mainan yg lazim memakaikan prosedur die casting biasanya ialah mainan rupa dgn ukuran perumpaannya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sekalipun sebenarnya apapun bisa diciptakan dengan cara ini.

Di atas adalah nama ilmiahnya, tetapi utk para penggemar diecast, para om dengan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak berlebihan perduli dgn istilahnya, sebab mereka sanggup serupa keracunan / addicted kalau udah jatuh cinta pada tipe tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dengan lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur tak concern k'lo modeling incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn harga selangit, alias nggak rasional bakal orang pada umumnya.

Model-model diecast yang sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol merupakan istilah utk para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) stok koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini kendatipun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 atau lebih), tetapi memiliki value ekonomi yg amat bagus kalau kita dapat jeli menengok peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt mendapatkan komplemen mata pencaharian dari menekuni profesi diecast ini. Lebih-Lebih banyak yg dpt menghidupi keluarganya murni cuma dari pencaharian miniatur ini.

Kebetulan penulis yaitu salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis selama menyukai mainan ini, sampai dgn terlibat dengan menjalani jual-beli, pertukaran uang di usaha mainan miniatur ini enggak main-main. Di puluhan grup FB yg penulis ikuti, maupun di Instagram, masing-masing day ada ratusan transaksi baik jual membeli maupun lelang yg nilainya mampu fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs modeling sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yang memperbuat lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Labuha

DIECAST MINIATUR MOBIL Labuha

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalo 5000 pcs modeling yg dilelang, perputaran uang yang terjadi di sini mampu sampai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Blm lagi bila ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang transaksi jual beli langsung...pasti angkanya sanggup wow bakal mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Labuha
Harga
Harga juga sangat berupa-rupa serta mengarah menjelma tinggi, bahkan amat tinggi bagi item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Price versi mini gantungan (sebutan buat hotwheels dengan lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi kalo desain versi mini tertentu sedang naik daun bersama menjadi incaran para kolektor, harganya dpt menjelma ratusan ribu, jutaan, sampai-sampai puluhan juta. Diecast yang menjadi merchandise di event tertentu juga pasti dapat berubah melambung harganya. Pd hajatan IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Labuha
Cerita
Banyak dongeng yang terjadi di dunia doyan yg satu ini. Tetapi untuk orang seperti saya, yg seorang kolektor, gemar ini, mencintai diecast sanggup berubah sangat menguntungkan. Untuk item tertentu dpt kita hold/tahan sampai value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya bisa bagi weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir tahun nggak pake menyusahkan kas esensial keluarga...he2...

Nah, sedianya banyak kans dari hal-hal yg kita sukai atau dari hyn hobi kita untuk mendatangkan uang, tinggal dengan cara apa kita pengen menyikapinya, hendak memulainya, ingin menekuninya, sebagaimana saya beserta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Labuha

DIECAST MINIATUR MOBIL Labuha

DIECAST MINIATUR MOBIL Labuha

LihatTutupKomentar