DIECAST MINIATUR MOBIL Wonosobo

DIECAST MINIATUR MOBIL Wonosobo

DIECAST MINIATUR MOBIL Wonosobo
Agan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau dan dengar dong merk yang pertama... krn anak2 pria terus-menerus merengek minta dibelikan kalo ke minimarket dekat tempat tinggal atau supermarket-supermarket gede di kota, terlingkungi jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast ialah mainan atau jenis yang diproduksi memakekan program die-casting, yg bermakna melalui proses pelelehan metal dengan kata lain metal utk lantas dituang dengan dicetak sesuai dengan jenis yg diinginkan. Die-cast metal diurus dari metal (logam) dan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Wonosobo
Bahan
Metal yang digunakan umumnya yakni zamak (mazak) yg merupakan alloy (campuran) zinc (seng) beserta alluminium. Zamak juga dikenal sbg white logam atau pot metal. Mainan yang normal memakekan program die casting umumnya yaitu mainan design dgn ukuran ibaratnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Kendatipun sebetulnya apapun dapat diurus dgn arahan ini.

Di atas ialah terma ilmiahnya, namun buat para penggemar diecast, para om dengan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak kelewat perduli dengan istilahnya, karna mereka bisa semacam keracunan / addicted k'lo udah tersandung cinta pada rupa tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dan lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling tak peduli kalau modeling incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan price selangit, dgn kata lain tidak rasional bakal orang pada umumnya.

Model-model diecast yang sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol yakni istilah bagi para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) stok koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sekalipun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 alias lebih), namun mempunyai nilai ekonomi yg sangat bagus k'lo kita sanggup jeli menyaksikan peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) sanggup menemukan lbh salary dari menekuni usaha diecast ini. Malahan byk yang mampu menghidupi keluarganya murni cuman dari pencaharian diecast ini.

Kebetulan saya adalah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis selagi menyukai mainan ini, sampai dengan terlibat serta memperbuat jual-beli, perputaran uang di profesi mainan versi mini ini tak main-main. Di puluhan grup facebok yang saya ikuti, ataupun di Instagram, masing-masing 24 hour ada ratusan transaksi bagus jual pesan maupun lelang yg nilainya mampu fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs diecast sekali mengerjakan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yang menjalankan lelang kecil-kecilan atau sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Wonosobo

DIECAST MINIATUR MOBIL Wonosobo

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau 5000 pcs miniatur yg dilelang, rotasi uang yg terjadi di sini mampu mencapai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Belum lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang jual/beli jual belanja langsung...pasti angkanya sanggup wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Wonosobo
Harga
Price juga sangat bervariasi dengan berat menjelma tinggi, bahkan amat tinggi untuk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Value diecast gantungan (sebutan bagi hotwheels & lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi jika desain modeling tertentu sedang naik daun bersama menjadi incaran para kolektor, harganya sanggup berubah ratusan ribu, jutaan, lebih-lebih puluhan juta. Versi Mini yg berubah merchandise di event tertentu juga pasti dpt berubah melambung harganya. Pd perhelatan IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Wonosobo
Cerita
Byk dongeng yg terjadi di dunia demen yang satu ini. Tapi bakal orang sebagaimana saya, yang seorang kolektor, kesenangan ini, mencintai diecast sanggup berubah sangat menguntungkan. Untuk item tertentu dpt kita hold/tahan hingga price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat utk weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir thn tidak perlu mengganggu kas esensial keluarga...he2...

Nah, sedianya banyak probabilitas dari hal-hal yang kita sukai dengan kata lain dari hanya doyan kita buat mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita pengen menyikapinya, ingin memulainya, mau menekuninya, semacam penulis dan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Wonosobo

DIECAST MINIATUR MOBIL Wonosobo

DIECAST MINIATUR MOBIL Wonosobo

LihatTutupKomentar