DIECAST MINIATUR MOBIL Buru Selatan

DIECAST MINIATUR MOBIL Buru Selatan

DIECAST MINIATUR MOBIL Buru Selatan
Pembaca tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Jika merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau dan mendegar dong merk yg pertama... sebab anak2 pria selamanya merengek minta dibelikan kalau ke minimarket dekat hunian dgn kata lain supermarket-supermarket besar di kota, termasuk jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast merupakan mainan atau design yg diproduksi menggunakan strategi die-casting, yang bermakna lewat cara pelelehan logam alias logam untuk selanjutnya dituang bersama dicetak sinkron dgn tampilan yg diinginkan. Die-cast metal dibuat dari metal (logam) beserta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Buru Selatan
Bahan
Metal yg dipegunakan lazimnya ialah zamak (mazak) yang ialah alloy (campuran) zinc (seng) beserta alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white logam atau pot metal. Mainan yg jamak menerapkan manual die casting lazimnya yaitu mainan jenis dengan skala perumpaannya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Kendatipun sebetulnya apapun bisa diproses dengan bimbingan ini.

Di atas adalah terma ilmiahnya, tetapi utk para penggemar diecast, para om dengan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak berlebihan perduli dgn istilahnya, karna mereka mampu sebagaimana keracunan / addicted kalau udah tersandung cinta pada model tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, serta lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini tak peduli jika modeling incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan price selangit, alias enggak rasional buat orang pd umumnya.

Model-model versi mini yg sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol yakni istilah utk para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) stock koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini walaupun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 dgn kata lain lebih), tapi mendapatkan harga ekonomi yg sangat bagus bila kita bisa jeli menonton peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt memperoleh lebih salary dari menekuni penghidupan miniatur ini. Lebih-Lebih byk yg mampu menghidupi keluarganya murni hyn dari pencaharian miniatur ini.

Kebetulan saya yakni salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya sewaktu mengandrungi mainan ini, hingga dengan terlibat bersama mengerjakan jual-beli, liquiditas uang di karier mainan versi mini ini tidak main-main. Di puluhan grup FB yang saya ikuti, ataupun di Instagram, tiap 24 jam ada ratusan jual/beli positive jual membeli maupun lelang yg nilainya dapat fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs diecast sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yg memperbuat lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Buru Selatan

DIECAST MINIATUR MOBIL Buru Selatan

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau 5000 pcs modeling yg dilelang, aliran uang yang terjadi di sini bisa mencapai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Blm lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang jual/beli jual berbelanja langsung...pasti angkanya bisa wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Buru Selatan
Harga
Nilai juga sangat bermacam-macam serta cenderung berubah tinggi, malahan sangat tinggi untuk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Price miniatur gantungan (sebutan untuk hotwheels & lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi jika rupa diecast tertentu sedang naik daun beserta menjadi incaran para kolektor, harganya sanggup menjadi ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Diecast yang menjelma merchandise di event tertentu juga pasti bisa menjelma melambung harganya. Pada perhelatan IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Buru Selatan
Cerita
Banyak dongeng yg terjadi di dunia hobi yg satu ini. Tetapi buat orang seperti saya, yang seorang kolektor, kesenangan ini, mencintai modeling dapat berubah amat menguntungkan. Bagi item tertentu mampu kita hold/tahan sampai harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya bisa bagi weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir tahun nggak usah merecoki kas utama keluarga...he2...

Nah, sebenarnya byk kans dari hal-hal yg kita sukai alias dari hanya demen kita utk mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita ingin menyikapinya, kepingin memulainya, kepingin menekuninya, serupa saya dan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Buru Selatan

DIECAST MINIATUR MOBIL Buru Selatan

DIECAST MINIATUR MOBIL Buru Selatan

LihatTutupKomentar