DIECAST MINIATUR MOBIL Kuala Kurun

DIECAST MINIATUR MOBIL Kuala Kurun

DIECAST MINIATUR MOBIL Kuala Kurun
Boss tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Jika merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau beserta denger dong merk yg pertama... karena anak2 laki-laki terus-menerus merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat bangunan atau supermarket-supermarket besar di kota, tertanam jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast ialah mainan dengan kata lain rupa yang diproduksi menggunakan metode die-casting, yg bermakna memakai operasi pelelehan logam atau metal buat kemudian dituang beserta dicetak serasi dgn bentuk yang diinginkan. Die-cast logam dirancang dari metal (logam) beserta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kuala Kurun
Bahan
Logam yang dipegunakan umumnya yakni zamak (mazak) yg ialah alloy (campuran) zinc (seng) serta alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white logam dgn kata lain pot metal. Mainan yang normal memakaikan teknik die casting biasanya yaitu mainan jenis dengan skala contohnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Walaupun sedianya apapun dpt dirancang dgn cara ini.

Di atas ialah terma ilmiahnya, namun bagi para penggemar diecast, para om dan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak berlebihan perduli dgn istilahnya, krn mereka bisa sebagaimana keracunan / addicted kalau sudah jatuh cinta pada design tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, & lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast enggak peduli kalo versi mini incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn value selangit, alias nggak rasional bagi orang pada umumnya.

Model-model miniatur yang sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol merupakan terma bakal para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) barang koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini meskipun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 alias lebih), namun memiliki value ekonomi yang amat bagus kalau kita mampu jeli menonton peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt memperoleh extra penghasilan dari menekuni bisnis versi mini ini. Lebih-Lebih banyak yg bisa menghidupi keluarganya murni hanya dari karier versi mini ini.

Kebetulan saya ialah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis sewaktu hobi mainan ini, sampai dgn terlibat bersama menjalani jual-beli, perpindahan uang di bisnis mainan miniatur ini enggak main-main. Di puluhan grup facebok yg saya ikuti, maupun di Instagram, setiap day ada ratusan transaksi positive jual berbelanja ataupun lelang yg nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs diecast sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yang menjalani lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kuala Kurun

DIECAST MINIATUR MOBIL Kuala Kurun

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau lima ribu pcs versi mini yg dilelang, liquiditas uang yang terjadi di sini mampu menggapai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Belom lagi kalo ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg transaksi jual belanja langsung...pasti angkanya bisa wow bakal mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kuala Kurun
Harga
Harga juga amat beragam dengan mengarah menjadi tinggi, bahkan amat tinggi bagi item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai miniatur gantungan (sebutan untuk hotwheels beserta lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi jika desain versi mini tertentu sedang naik daun bersama menjadi incaran para kolektor, harganya mampu menjelma ratusan ribu, jutaan, lebih-lebih puluhan juta. Diecast yang berubah merchandise di event tertentu juga pasti dpt berubah melambung harganya. Pada acara IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise modeling morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kuala Kurun
Cerita
Byk dongeng yg terjadi di dunia suka yg 1 ini. Tapi bakal orang semacam saya, yg seorang kolektor, minat ini, mencintai modeling bisa menjadi amat menguntungkan. Bakal item tertentu dpt kita hold/tahan sampai value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dpt untuk weekend bersama keluarga, dengan kata lain jalan-jalan akhir thn tanpa pakai mengacaukan kas esensial keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya banyak prospek dari hal-hal yang kita sukai dengan kata lain dari sekadar doyan kita bakal mendatangkan uang, tinggal dengan aneka tips apa kita ingin menyikapinya, pengen memulainya, ingin menekuninya, semacam saya beserta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kuala Kurun

DIECAST MINIATUR MOBIL Kuala Kurun

DIECAST MINIATUR MOBIL Kuala Kurun

LihatTutupKomentar