DIECAST MINIATUR MOBIL Demak

DIECAST MINIATUR MOBIL Demak

DIECAST MINIATUR MOBIL Demak
Kamu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau beserta mendegar dong merk yang pertama... karna anak2 pria senantiasa merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat kediaman dgn kata lain supermarket-supermarket besar di kota, terkandung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast adalah mainan dengan kata lain desain yang diproduksi menerapkan petunjuk die-casting, yg berarti melalui operasi pelelehan metal atau logam bagi lantas dituang dengan dicetak serasi dgn model yang diinginkan. Die-cast logam diproses dari metal (logam) bersama plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Demak
Bahan
Metal yang digunakan kebanyakan yaitu zamak (mazak) yang yaitu alloy (campuran) zinc (seng) dengan alluminium. Zamak juga dikenal sbg white logam dengan kata lain pot metal. Mainan yg normal menggunakan program die casting kebanyakan merupakan mainan design dgn skala ibaratnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Meskipun sedianya apapun bisa dirancang dengan tips ini.

Di atas yakni terma ilmiahnya, tapi bakal para penggemar diecast, para om serta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak kelewat perduli dengan istilahnya, sebab mereka mampu sebagaimana keracunan / addicted jika udah tersandung cinta pada jenis tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dengan lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast tidak care k'lo diecast incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn price selangit, alias nggak rasional buat orang pada umumnya.

Model-model versi mini yang sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol adalah terma utk para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini kendatipun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 atau lebih), tetapi mempunyai harga ekonomi yang sangat bagus jika kita mampu jeli melihat peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dapat memperoleh lebih honor dari menekuni bisnis diecast ini. Terlebih banyak yg dpt menghidupi keluarganya murni hyn dari pekerjaan diecast ini.

Kebetulan saya adalah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis semasa mengandrungi mainan ini, sampai dengan terlibat bersama menjalani jual-beli, peredaran uang di profesi mainan miniatur ini enggak main-main. Di puluhan grup FB yang saya ikuti, maupun di Instagram, setiap hari ada ratusan transaksi positive jual pesan maupun lelang yang nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs versi mini sekali memperbuat lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yg menjalankan lelang kecil-kecilan atau sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Demak

DIECAST MINIATUR MOBIL Demak

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila lima ribu pcs miniatur yang dilelang, perpindahan uang yang terjadi di sini bisa mencapai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Belom lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg jual/beli jual belanja langsung...pasti angkanya dpt wow utk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Demak
Harga
Harga juga sangat beragam & miring menjelma tinggi, malahan amat tinggi untuk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Price modeling gantungan (sebutan untuk hotwheels serta lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi kalau rupa miniatur tertentu sedang naik daun bersama menjelma incaran para kolektor, harganya dpt menjelma ratusan ribu, jutaan, terlebih puluhan juta. Modeling yang berubah merchandise di event tertentu juga pasti dpt berubah melambung harganya. Pada agenda IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Demak
Cerita
Banyak cerita yang terjadi di dunia suka yg 1 ini. Tetapi untuk orang sebagaimana saya, yang seorang kolektor, suka ini, mencintai modeling dpt menjelma amat menguntungkan. Buat item tertentu sanggup kita hold/tahan sampai price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat utk weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir thn tanpa memprovokasi kas primer keluarga...he2...

Nah, sebetulnya byk kans dari hal-hal yg kita sukai atau dari hanya kesukaan kita untuk mendatangkan uang, tinggal dengan strategi apa kita kepingin menyikapinya, pengen memulainya, hendak menekuninya, sebagaimana saya dan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Demak

DIECAST MINIATUR MOBIL Demak

DIECAST MINIATUR MOBIL Demak

LihatTutupKomentar