
DIECAST MOBIL DI BANDUNG
Mobil sudah menjelma daerah dari kehidupan manusia modern. Keberadaan mobil sangat menolong mobilitas manusia wkt menjalani aktivitas sehari-hari.
Apalagi sekarang, jenis & jenis kendaraan udah amat beragam. Start dari family wagon alias saat ini extra dikenal dengan sports utility vehicle (SUV), sampai kelas sedan luxury yg memberi kenyamanan lebih.
Mesin yang ditawarkan pun udah sangat beragam. Serupa kelas 1.000-1.500 cc utk mobil-mobil perkotaan. Dgn Kata Lain kendaraan roda empat bermesin di atas 2.000 cc yang banyak dipakai oleh mobil-mobil dgn penggerak empat roda.
Namun kali ini kita enggak mau membahas ragam kendaraan roda empat yg ada wkt ini. Kali kita akan menjelajahi historis mobil. Bagaimana cara bersama perkembangan kendaraan roda 4 dari abad 19 sampai memasuki milenium ke 2 ini? Mari sama-sama simak.
DIECAST MOBIL DI BANDUNG
Pra 1880-an
Jauh sebelum orang lain memikirkan sesuatu yang mampu membawa mereka ke wadah lain dgn lbh muda, Leonardo da Vinci udah membuat sketsa “mobil” pada 1478. Konsepsi ini belum memakekan mesin & masih berbentuk sket di atas kertas.
Ratusan thn kemudian, sebuah kendaraan bermesin mulai diciptakan manusia. Menggunakan mesin uap ini dipake bagi menunjang pergerakan kebutuhan militer Prancis pada 1870-an dalam membawa peralatan perang.
Mesin uap ini dibantu oleh 3 roda penggerak. Kecepatannya waktu itu diyakini dengan dgn kecepatan manusia masa berjalan.
DIECAST MOBIL DI BANDUNG
Periode 1880
Inovasi mesin diesel pada 1882 menjelma babak substansial dlm sejarah mobil. Tepatnya pada Januari 1882, momen sebuah mesin material bakar solar mulai diperkenalkan dengan setelah itu banyak diperlukan masyakarat.
Masa pertama dibuat, mesin diesel ini muncul sbg tonggak krn mampu membuat mesin yang ekstra efisien dalam pemakaian bahan bakar. Mesin diesel terus dikembangan beserta masih tetap dipakai selaku salah satu mesin mobil.
DIECAST MOBIL DI BANDUNG
Cikal bakal kendaraan 1886
Setelah itu barulah muncul kendaraan dgn mesin berbahan dasar bakar bensin. Memakekan 3 roda bagaikan penggerak, kendaraan ini dirancang oleh cakap mesin asal Jerman, Karl Benz pada 1885.
Enggak pengen kalah, di Amerika Serika Henry Ford sudah memperluas kendaraan roda 4 pertamanya pada 1886. Inilah cikal bakal mobil-mobil di era modern.
DIECAST MOBIL DI BANDUNG
Era 1900
Sebelum 1900, stir kendaraan roda 4 berbentuk setengah lingaran saja. Sampai-Sampai ada yang memakekan semacam tongkat bakal menggerakan roda depan ke kanan bersama ke kiri. Setelah 1900, stir bulat mulai dipakai dan kenyataannya lebih memudahkan pergerakan mobil.
DIECAST MOBIL DI BANDUNG
Mobil kesatu Henry Ford
Kecepatan kendaraan pun sudah mulai kian tinggi. Mampu menggapai 15-20 km/jam. Udah extra cepat dibanding kecepatan orang melangkah kaki yg kira-kira 6 km/jam. Krn itulah pemerintah negara daerah Alabama, Amerika Serikat, membendung kecepatan mentok kendaraan roda empat wkt itu sekadar 12 km/jam.
Di era ini Ford mulai mengenalkan Design T yg fenomenal. Berkat bantuan mesin, proses pembuatan mobil ini melesat dari 7,5 unit/jam menjadi 146 unit/jam.
Pd 1913 lahir mesin hybrid kesatu di dunia. Yaitu Ferdinand Porsche yg menemukan mesin hybrid yang diberi nama Lohne-Porsche Mixte Hybrid. Usia Porsche waktu menemukan mesin ini baru 18 tahun.
DIECAST MOBIL DI BANDUNG
Zaman 1920
Di periode ini, kendaraan roda empat udah mulai berubah lokasi dari kehidupan manusia. Lebih-Lebih sudah berubah industri yg terus berkembang seperjalanan munculnya penemuan-penemuan baru yg tergantung mobil.
DIECAST MOBIL DI BANDUNG

Kendaraan Roda Empat Duesenberg thn 1920
Di Amerika Serikat bahkan banyak bermunculan industri yang menciptakan kendaraan roda 4 dari mulai skala kecil sampai ukuran besar. Namun, tampaknya sekadar mereka yg bermodal gede saja yang bisa bertahan.
Dari sekitar 253 industri kendaraan pada 1908, jumlahnya berubah hanya tinggal 44 saja pd 1929. Dari besaran itu, 80 persen market dikuasi oleh Ford, General Motor, dan Chrysler.
Pd periode ini, mulai diperkenalkan radio mobil. Sehingga owner kendaraan tidak lagi merasa kesepian tempo berkendara seorang diri.
DIECAST MOBIL DI BANDUNG
Zaman 1940
Di pertengahan abad 20 ini, kondisi dunia tengah dilanda peperangan. Industri otomotif pun terkena imbasnya. Mereka jadi fokus bakal menciptakan kendaraan yg bisa bermanfat di medan perang.
DIECAST MOBIL DI BANDUNG
Jeep militer thn 1940-an
Kendaraan militer ini mempunyai kecepatan yang hyn tinggi meski butuh menjelajahi daerah berkontur naik turun. Masa ini, orang mengenalnya dgn sebutan Jeep.
DIECAST MOBIL DI BANDUNG
Periode 1950
Setelah perang dunia selesai, pabrikan otomotif kembali dapat mengembangkan globalisasi yang mereka peroleh wkt itu. Muncul mesin dengan teknologi injeksi pada Januari 1951.
Kendaraan pertama yg menerapkan mesin injesi ini merupakan Gutbrod Superior dengan Goliath GP 700 E sports coupe. Ke Dua mobil ini formal dipasarkan ke massa & mendapat sambutan hyn positif.
DIECAST MOBIL DI BANDUNG
Goliath GP 700 E
Awal 1956, modern baru lagi ditemukan. Kali ini prototipe catalytic converter mulai dibuat. Ini yakni imbas dari kecemasan massa saat itu terhadap total karbondioksida yg terus meningkat bertepatan pertumbuhan total kendaraan yang semakin meningkat.
Namun, modern karya Eugene Houdry tersebut waktu itu masih sebatas test coba bersama diterapkan buat mesin material bakar bensin. Tapi, ilham ini dapat dibilang sudah jauh melangkah ke depan dibanding tekno yang berkembang masa itu.
DIECAST MOBIL DI BANDUNG
Periode 1960
Historis kendaraan memasuki jaman yang lebih maju. Kendaraan Roda 4 sudah lama kelamaan memasyarakat dengan konstruksi yg lbh compact dengan fungsional.
DIECAST MOBIL DI BANDUNG
VW Beetle 1960
Hal ini tidak lepas dari pengaruh kehadiran VW Beetle yang mempunyai model nggak umum serta ditahbiskan sebagai kendaraan roda 4 rakyat. VW Beetle berubah inspirasi dari kemunculan seri Corolla, Civic, beserta Focus yg ialah mobil-mobil pionir dgn patron lbh simpel & enggak besar.
Sejak wkt itu, penghasil kendaraan mulai berlomba menciptakan kendaraan yg extra simpel.
DIECAST MOBIL DI BANDUNG
Dekade 1970
Sisi security penumpang di kendaraan mulai diperkenalkan di zaman ini. Dimulai dengan munculnya modern airbag pd 1974. Ditambah dgn sabuk pengaman yang dapat menolong penumpang selamat dari cedra parah waktu menjumpai kecelakaan.
