MINIATUR MOBIL DARI KOREK GAS

 MINIATUR MOBIL DARI KOREK GAS

MINIATUR MOBIL DARI KOREK GAS
Kendaraan Roda Empat sudah menjelma bagian dari kehidupan manusia modern. Keberadaan mobil sangat menunjang mobilitas manusia wkt melakukan aktivitas sehari-hari.

Apalagi sekarang, tipe dengan tipe mobil udah sangat beragam. Start dari family wagon dengan kata lain masa ini extra dikenal dengan sports utility vehicle (SUV), sampai kelas sedan luxury yg memberi kenyamanan lebih.

Mesin yg ditawarkan pun udah amat beragam. Seperti kelas 1.000-1.Lima Ratus cc buat mobil-mobil perkotaan. Dgn Kata Lain kendaraan roda 4 bermesin di atas 2.000 cc yg banyak dipakai oleh mobil-mobil dengan penggerak empat roda.

Namun kali ini kita tak akan membahas rupa mobil yg ada waktu ini. Kali kita hendak menjelajahi sejarah mobil. Bagaimana teknik serta perkembangan kendaraan roda 4 dari abad 19 hingga memasuki milenium ke dua ini? Mari sama-sama simak.

MINIATUR MOBIL DARI KOREK GAS
Pra 1880-an
Jauh sebelum orang lain memikirkan sesuatu yg dpt membawa mereka ke ruang lain dgn lbh muda, Leonardo da Vinci udah membuat konsep “mobil” pada 1478. Draf ini blm memakaikan mesin dan masih berupa sket di atas kertas.

Ratusan tahun kemudian, sebuah kendaraan bermesin mulai diproduksi manusia. Memakaikan mesin uap ini digunakan buat menunjang pergerakan kebutuhan militer Prancis pd 1870-an dlm membawa peralatan perang.

Mesin uap ini dibantu oleh 3 roda penggerak. Kecepatannya waktu itu diyakini sama dengan kecepatan manusia masa berjalan.

MINIATUR MOBIL DARI KOREK GAS
Zaman 1880
Penemuan mesin diesel pada 1882 menjadi babak krusial dlm sejarah mobil. Tepatnya pada Januari 1882, tempo sebuah mesin berbahan bakar solar mulai diperkenalkan serta selanjutnya banyak digunakan masyakarat.

Waktu kesatu dibuat, mesin diesel ini muncul sbg tonggak karna dapat membuat mesin yg lebih efisien dlm pemakaian berbahan dasar bakar. Mesin diesel terus dikembangan serta masih kukuh digunakan sbg salah satu mesin mobil.

MINIATUR MOBIL DARI KOREK GAS
Cikal bakal kendaraan roda empat 1886
Setelah itu barulah muncul kendaraan dgn mesin materi bakar bensin. Menerapkan 3 roda selaku penggerak, kendaraan ini diproduksi oleh cakap mesin asal Jerman, Karl Benz pada 1885.

Enggak kepingin kalah, di Amerika Serika Henry Ford sudah ekspansi kendaraan roda 4 pertamanya pada 1886. Inilah cikal bakal mobil-mobil di era modern.

MINIATUR MOBIL DARI KOREK GAS
Periode 1900
Di awal abad ke-20 ini mobil-mobil tidak ribet yg sudah diciptakan mulai menerima evolusi. Masa nomor satu diperkenalkan, kendaraan roda 4 saat itu blm memakekan stir bulat serupa yg kita kenal masa ini.

Sebelum 1900, stir mobil berbentuk 1/2 lingaran saja. Terlebih ada yg menggunakan semacam tongkat bagi menggerakan roda depan ke kanan bersama ke kiri. Setelah 1900, stir bulat mulai dipakai & sebenarnya lbh memudahkan pergerakan mobil.

MINIATUR MOBIL DARI KOREK GAS
Kendaraan Roda 4 nomor satu Henry Ford
Kecepatan kendaraan roda empat pun sudah mulai bertambah tinggi. Mampu menggapai 15-20 km/jam. Sudah lbh cepat dibanding kecepatan orang langkah kaki yg kurang lebih 6 km/jam. Sebab itulah pemerintah negeri daerah Alabama, Amerika Serikat, memagari kecepatan tertinggi kendaraan roda empat waktu itu sekadar dua belas km/jam.

Di era ini Ford mulai mengenalkan Jenis T yang fenomenal. Berkat bantuan mesin, sistem pembuatan kendaraan ini melesat dari 7,5 unit/jam berubah 146 unit/jam.

Pd 1913 lahir mesin hybrid nomor satu di dunia. Merupakan Ferdinand Porsche yang mendapatkan mesin hybrid yang diberi nama Lohne-Porsche Mixte Hybrid. Umur Porsche wkt menjumpai mesin ini baru 18 tahun.

MINIATUR MOBIL DARI KOREK GAS
Era 1920
Di dekade ini, kendaraan udah mulai menjadi lokasi dari kehidupan manusia. Terlebih udah berubah industri yg terus berkembang bersamaan munculnya penemuan-penemuan baru yang tergantung mobil.

MINIATUR MOBIL DARI KOREK GAS

 MINIATUR MOBIL DARI KOREK GAS

Mobil Duesenberg thn 1920
Di Amerika Serikat sampai-sampai byk bermunculan industri yang menciptakan kendaraan dari mulai size kecil hingga skala besar. Namun, tampaknya cuman mereka yang bermodal gede saja yang dapat bertahan.

Dari kurang lebih 253 industri kendaraan pada 1908, jumlahnya menjadi cuma tinggal 44 saja pd 1929. Dari jumlah itu, 80 persen market dikuasi oleh Ford, General Motor, bersama Chrysler.

Pd periode ini, mulai diperkenalkan radio mobil. Sehingga pemilik kendaraan roda 4 nggak lagi merasa kesepian tempo berkendara seorang diri.

MINIATUR MOBIL DARI KOREK GAS
Zaman 1940
Di pertengahan abad 20 ini, status dunia tengah dilanda peperangan. Industri otomotif pun terkena imbasnya. Mereka jadi pokok bakal menciptakan kendaraan yang bisa bermanfat di medan perang.

MINIATUR MOBIL DARI KOREK GAS
Jeep militer tahun 1940-an
Salah 1 inovasi sangat penting di dekade ini yaitu kendaraan dengan penggerak empat roda (four wheel drive). Kendaraan ini amat pas dipake bagi medan perang yang memiliki status kapling tidak rata.

Kendaraan militer ini punya kecepatan yang hanya tinggi meski kudu menjelajahi bagian berkontur naik turun. Masa ini, orang mengenalnya dgn sebutan Jeep.

MINIATUR MOBIL DARI KOREK GAS
Periode 1950
Setelah perang dunia selesai, pabrikan otomotif lagi sanggup mengembangkan tekno yg mereka punyai wkt itu. Muncul mesin dengan globalisasi injeksi pd Januari 1951.

Kendaraan Roda Empat kesatu yg menggunakan mesin injesi ini yakni Gutbrod Superior beserta Goliath GP 700 E sports coupe. Ke 2 kendaraan roda empat ini sah dipasarkan ke publik dengan mendapat sambutan cuman positif.

MINIATUR MOBIL DARI KOREK GAS
Goliath GP 700 E
Awal 1956, tekno baru kembali ditemukan. Kali ini prototipe catalytic converter mulai dibuat. Ini yaitu imbas dari kecemasan masyarakat wkt itu terhadap besaran karbondioksida yang terus meningkat seperjalanan perkembangan total kendaraan yg semakin meningkat.

Namun, globalisasi karya Eugene Houdry tsb wkt itu masih sebatas uji coba & diterapkan utk mesin berbahan dasar bakar bensin. Tapi, ide ini dpt dibilang udah jauh melangkah ke depan dibanding tekno yang berkembang wkt itu.

MINIATUR MOBIL DARI KOREK GAS
Periode 1960
Sejarah kendaraan roda 4 memasuki era yg lebih maju. Mobil udah makin lama memasyarakat dgn model yang ekstra compact dengan fungsional.

MINIATUR MOBIL DARI KOREK GAS
VW Beetle 1960
Hal ini nggak lepas dari pengaruh kehadiran VW Beetle yg mempunyai sketsa enggak regular dan ditahbiskan bagaikan kendaraan roda empat rakyat. VW Beetle menjadi inspirasi dari kemunculan seri Corolla, Civic, dengan Focus yg yakni mobil-mobil pionir dgn reka bentuk lebih simpel & tak besar.

Sejak wkt itu, pabrik kendaraan roda 4 mulai berlomba menciptakan kendaraan yang extra simpel.

MINIATUR MOBIL DARI KOREK GAS
Periode 1970
Sisi security penumpang di kendaraan mulai diperkenalkan di periode ini. Dimulai dgn munculnya globalisasi airbag pd 1974. Ditambah dgn sabuk pengaman yang bisa mengakomodasi penumpang lepas dari terluka parah waktu mengalami kecelakaan.

 MINIATUR MOBIL DARI KOREK GAS

MINIATUR MOBIL DARI KOREK GAS

MINIATUR MOBIL DARI KOREK GAS

LihatTutupKomentar