
MINIATUR MOBIL VOLVO 960 Ambon
Jika pembaca berpikir bahwa mobil listrik yaitu penemuan modern terkini, anda keliru. Perkembangan modern kendaraan roda 4 listrik sedianya sudah dimulai dari abad ke 19. Ini dibuktikan dgn diperkenalkannya kesatu kali prototype kendaraan roda 4 listrik nomor satu yg diciptakan pd thn 1830 oleh Robert Anderson seorang pria Scotlandia. Mau tetapi pada masa itu kendaraan roda 4 listrik ini hanya dilengkapi dgn batree yg nggak sanggup diisi ulang (non rechargeable). Barulah pada thn 1859 Gaston Planté warga Perancis mendapatkan batree yg bisa diisi ulang, yg mana penemuan ini sangat mempengaruhi evolusi mobil listrik setelahnya.
Pada thn 1881 setidaknya ada 3 kemajuan berpengaruh dlm perkembangan modern kendaraan roda 4 listrik.
Tiga Insinyur perancis Camille Faure, Charles Jeantaud & Nicholas Raffard menciptakan mobil listrik yg solid yg dilengkapi dengan batree yg sanggup menyimpan listrik.
Goustave Trouvé, seorang penemu perancis mengiklankan kepada dunia sains pada wkt itu motor listrik ciptaannya. a pun melakukan uji coba coba mesin ciptaannya dengan mengaplikasikan pd sepeda bersama juga perahu setelah itu barulah pd bln November 1818 pada kegiatan l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris dgn kata lain pameran elektronik universal yg diadakan di Paris, Goustave memublikasikan mesin listriknya yang diaplikasikan pd mobil.
MINIATUR MOBIL VOLVO 960 Ambon
Tdk Semua bulanan berikutnya dua Penemu Inggris, William Ayrton beserta John Perry mengintroduksi kendaraan 3 roda elektrik ciptaan mereka yang mana menggunakan motor listrik yg ditempelkan pd roda belakang area kanan beserta dilengkapi dgn dua belas buah baterai. Dengan motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini dapat melaju hingga lima belas km/jam dgn jarak tempuh sekitar 40 kilometer.
Berkat beberapa inovasi esensial itulah akhirnya kendaraan listrik perlahan-lahan menjadi komoditas industri yg mulai menjelma wilayah dari kesibukan ekonomi wkt itu. Pada thn 1884 Thomas Parker Insinyur berkebangsaan Inggris menghasilkan kendaraan roda 4 listrik pabrikan utk kesatu kalinya. Ia sesungguhnya merupakan insinyur yang berprofesi pada perseroan Elwell-Parker Ltd, perseroan yg membuat lokomotif bersama bis bertenaga listrik. Mobil listrik ciptaannya ini baru secara resmi dipasarkan kepada publik pada tahun 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga sudah memublikasikan kendaraan ciptaannya pada thn 1891.
Selain itu seorang insinyur Perancis, Charles Jeantaud menghasilkan mobil listrik ciptaannya pada thn 1906, yg mana bisa melaju hingga 63 km/jam sekaligus memecahkan rekor selaku kendaraan roda empat listrik tercepat waktu itu.
MINIATUR MOBIL VOLVO 960 Ambon

Zaman Keemasan Kendaraan Roda 4 Listrik
Pada tahun1897 penggunaan kendaraan listrik mulai merambah ke angkutan publik serupa taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pada tahun 1901 mulai menerapkan kendaraan listrik bagaikan angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya sendiri diproduksi oleh oleh perseroan Levallois-Perret dan kendaraan tsb memiliki kemahiran jelajah sejauh 50 km dengan kecepatan setinggi-tingginya lima belas km/jam dgn daya angkut 1,5 ton!
Di dunia racing mobil, pada thn 1899 kendaraan listrik asal belgia yang bernama ‘jamais contente’ dengan kata lain yang berarti ‘tidak tahu puas’ berhasil memecahkan rekor kecepatan seratus km/jam! lebih-lebih melewati pesaingnya yg berpenggerak mesin bakar. Kendaraan Roda Empat listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin bersama batere yg mendapatkan berat 1/2 dari berat mobilnya sorangan yakni seberat 750kg.
Sehabis menggunakan perkembangan pesat, perkembangan kendaraan roda empat listrik akhirnya mengalami kemunduran karena dilain sisi perkembangan globalisasi mesin bakar terus berkembang hingga puncaknya pd thn 1908 mobil Ford T kesatu kali diluncurkan.
MINIATUR MOBIL VOLVO 960 Ambon
Masa Kemunduran Kendaraan Roda 4 Listrik
Dengan peluncuran kendaraan roda empat bakar kesatu ini, adalah cikal bakal industri mobil modern waktu ini beserta sekalian mempengaruhi industri kendaraan pada wkt itu. Ditambah dgn masih murahnya price berbahan dasar bakar bersama bujet produksi kendaraan berbahan dasar bakar hingga 2 kali extra ekonomis dibandingkan kendaraan roda empat listrik menjadikan kendaraan listrik makin lama nggak populer.
