
DIECAST MOBIL INDONESIA Lolak
Jika pembaca berpikir bahwa kendaraan roda 4 listrik yakni penemuan digital terkini, anda keliru. Perkembangan tekno kendaraan roda empat listrik sebenarnya sudah dimulai dari abad ke 19. Ini dibuktikan dengan diperkenalkannya nomor satu kali prototype kendaraan listrik kesatu yang diproses pada tahun 18Tiga Puluh oleh Robert Anderson seorang cowo Scotlandia. Bakal tapi pada wkt itu kendaraan roda empat listrik ini cukup dilengkapi dengan batere yang enggak mampu diisi ulang (non rechargeable). Barulah pd thn 1859 Gaston Planté warga Perancis mendapatkan batree yang mampu diisi ulang, yang mana inovasi ini sangat mempengaruhi evolusi mobil listrik setelahnya.
Pd thn 1881 setidaknya ada 3 kemajuan berguna dalam perkembangan digital kendaraan listrik.
Tiga Insinyur perancis Camille Faure, Charles Jeantaud dengan Nicholas Raffard menciptakan mobil listrik yg solid yang dilengkapi dgn baterai yg bisa menyimpan listrik.
Goustave Trouvé, seorang penemu perancis menghadirkan kepada dunia sains pada wkt itu motor listrik ciptaannya. a pun memperbuat test coba mesin ciptaannya dgn mengaplikasikan pd sepeda dengan juga perahu setelah itu barulah pada bln November 1818 pd agenda l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris dgn kata lain pameran elektronik dunia yang diadakan di Paris, Goustave memublikasikan mesin listriknya yg diaplikasikan pada mobil.
DIECAST MOBIL INDONESIA Lolak
Nggak Semua bln berikutnya 2 Insinyur Inggris, William Ayrton beserta John Perry memberitahukan kendaraan 3 roda elektrik ciptaan mereka yang mana memakekan motor listrik yg ditempelkan pada roda belakang lokasi kanan dengan dilengkapi dgn 12 buah baterai. Dgn motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini sanggup melaju hingga 15 km/jam dengan jarak tempuh berkisar empat puluh kilometer.
Berkat tidak semua penemuan bernilai itulah akhirnya kendaraan roda empat listrik perlahan-lahan menjadi komoditas industri yg mulai menjadi wilayah dari kesibukan ekonomi masa itu. Pada thn 1884 Thomas Parker Insinyur berkebangsaan Inggris membuat mobil listrik pabrikan untuk pertama kalinya. Ia sebetulnya ialah penemu yg berkarya pada perseroan Elwell-Parker Ltd, perusahaan yg membuat lokomotif bersama bis bertenaga listrik. Kendaraan listrik ciptaannya ini baru secara legal dipasarkan kepada publik pada thn 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga sudah memberitahukan kendaraan ciptaannya pada thn 1891.
Selain itu seorang penemu Perancis, Charles Jeantaud menghasilkan kendaraan listrik ciptaannya pada thn 1906, yang mana dpt melaju hingga 63 km/jam sekaligus memecahkan rekor selaku kendaraan listrik tercepat saat itu.
DIECAST MOBIL INDONESIA Lolak

Zaman Keemasan Kendaraan Listrik
Pada tahun1897 pemanfaatan kendaraan roda empat listrik mulai merambah ke angkutan publik sebagaimana taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pd tahun 1901 mulai memakaikan kendaraan listrik selaku angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya sendiri diproduksi oleh oleh perseroan Levallois-Perret serta kendaraan roda 4 tsb memiliki kompetensi jelajah sejauh 50 km dgn kecepatan maksimum lima belas km/jam dengan daya angkut 1,5 ton!
Di dunia racing mobil, pada tahun 1899 kendaraan roda empat listrik asal belgia yg bernama ‘jamais contente’ atau yang berarti ‘tidak tahu puas’ sukses memecahkan rekor kecepatan seratus km/jam! lebih-lebih melewati pesaingnya yg berpenggerak mesin bakar. Mobil listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin dengan batere yang memperoleh berat 1/2 dari berat mobilnya sendiri yakni seberat 750kg.
Sehabis melalui perkembangan pesat, perkembangan kendaraan roda 4 listrik akhirnya menerima kemunduran krn dilain sisi perkembangan tekno mesin bakar terus berkembang hingga puncaknya pd tahun 1908 mobil Ford T kesatu kali diluncurkan.
DIECAST MOBIL INDONESIA Lolak
Saat Kemunduran Kendaraan Roda Empat Listrik
Dgn peluncuran kendaraan roda empat bakar nomor satu ini, yakni cikal bakal industri mobil modern masa ini bersama sekalian mempengaruhi industri mobil pada wkt itu. Ditambah dengan masih murahnya price materi bakar & budget produksi kendaraan roda 4 berbahan dasar bakar hingga 2 kali lebih murah dibandingkan mobil listrik menjadikan mobil listrik makin lama nggak populer.
