
MINIATUR MOBIL VOLVO Kefamenanu
Jika pembaca berpikir bahwa mobil listrik adalah penemuan teknologi terkini, anda keliru. Perkembangan teknologi mobil listrik sesungguhnya telah dimulai sejak abad ke 19. Ini dibuktikan dgn diperkenalkannya pertama kali prototype mobil listrik pertama yang dirancang pd thn 18Tiga Puluh oleh Robert Anderson seorang pria Scotlandia. Akan tetapi pd wkt itu kendaraan listrik ini semata-mata dilengkapi dgn baterai yg enggak sanggup diisi ulang (non rechargeable). Barulah pd tahun 1859 Gaston Planté warga Perancis mendapatkan baterai yg dapat diisi ulang, yang mana inovasi ini amat mempengaruhi evolusi kendaraan listrik setelahnya.
Pd thn 1881 setidaknya ada 3 kemajuan bernilai dalam perkembangan globalisasi kendaraan listrik.
Tiga Insinyur perancis Camille Faure, Charles Jeantaud & Nicholas Raffard menciptakan kendaraan roda empat listrik yg solid yang dilengkapi dgn batere yang mampu menyimpan listrik.
Goustave Trouvé, seorang insinyur perancis memperkenalkan kepada dunia sains pada waktu itu motor listrik ciptaannya. a pun menjalani uji coba coba mesin ciptaannya dengan mengaplikasikan pd sepeda dan juga perahu selesai itu barulah pada 31 hari November 1818 pada kegiatan l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris dgn kata lain pameran elektronik global yg diadakan di Paris, Goustave memberitahukan mesin listriknya yang diaplikasikan pada mobil.
MINIATUR MOBIL VOLVO Kefamenanu
Enggak Semua 31 hari berikutnya 2 Penemu Inggris, William Ayrton serta John Perry mengintroduksi kendaraan 3 roda elektrik ciptaan mereka yg mana menerapkan motor listrik yg ditempelkan pd roda belakang bagian kanan bersama dilengkapi dgn dua belas buah baterai. Dengan motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini dpt melaju sampai 15 km/jam dengan jarak tempuh sekitar empat puluh kilometer.
Berkat tdk semua penemuan berpengaruh itulah akhirnya kendaraan roda empat listrik perlahan-lahan menjadi komoditas industri yang mulai berubah area dari kesibukan ekonomi waktu itu. Pd tahun 18Delapan Puluh Empat Thomas Parker Penemu berkebangsaan Inggris menghasilkan kendaraan listrik pabrikan buat nomor satu kalinya. Ia sedianya merupakan penemu yg berkarya pada perseroan Elwell-Parker Ltd, perusahaan yg membuat lokomotif serta bis bertenaga listrik. Kendaraan Roda Empat listrik ciptaannya ini baru scr formal dipasarkan kepada publik pd thn 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga telah mengiklankan kendaraan roda empat ciptaannya pada thn 1891.
Selain itu seorang penemu Perancis, Charles Jeantaud membuat kendaraan roda 4 listrik ciptaannya pd tahun 1906, yang mana mampu melaju hingga 63 km/jam sekaligus memecahkan rekor bagaikan kendaraan roda 4 listrik tercepat waktu itu.
MINIATUR MOBIL VOLVO Kefamenanu

Zaman Keemasan Mobil Listrik
Pd tahun1897 pemakaian mobil listrik mulai merambah ke angkutan publik semacam taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pada tahun 1901 mulai memakaikan kendaraan roda 4 listrik selaku angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya sendiri diproduksi oleh oleh perusahaan Levallois-Perret dengan kendaraan roda empat tersebut memperoleh kapabilitas jelajah sejauh 50 km dgn kecepatan pol 15 km/jam dengan daya angkut 1,5 ton!
Di dunia racing mobil, pada thn 1899 kendaraan roda empat listrik asal belgia yang bernama ‘jamais contente’ alias yang bermakna ‘tidak sudah puas’ berhasil memecahkan rekor kecepatan seratus km/jam! terlebih melewati pesaingnya yg berpenggerak mesin bakar. Kendaraan Roda 4 listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin beserta batree yg memiliki berat 1/2 dari berat mobilnya mandiri merupakan seberat 750kg.
Setelah lewat perkembangan pesat, perkembangan kendaraan roda empat listrik akhirnya menemukan kemunduran sebab dilain sisi perkembangan tekno mesin bakar terus berkembang sampai puncaknya pd tahun 1908 mobil Ford T kesatu kali diluncurkan.
MINIATUR MOBIL VOLVO Kefamenanu
Saat Kemunduran Kendaraan Listrik
Dengan peluncuran kendaraan roda 4 bakar kesatu ini, adalah cikal bakal industri kendaraan roda empat modern waktu ini bersama sekaligus mempengaruhi industri kendaraan pd wkt itu. Ditambah dgn masih murahnya harga bahan bakar & budget produksi mobil material bakar hingga 2 kali extra ekonomis dibandingkan kendaraan listrik menjadikan mobil listrik makin lama enggak populer.
