
DIECAST MOBIL BATMAN Pelalawan
Jika pembaca berpikir bahwa kendaraan roda empat listrik adalah penemuan teknologi terkini, anda keliru. Perkembangan tekno kendaraan listrik sesungguhnya telah dimulai sewaktu abad ke 19. Ini dibuktikan dgn diperkenalkannya kesatu kali prototype kendaraan roda empat listrik kesatu yg diproses pada tahun 1830 oleh Robert Anderson seorang cowok Scotlandia. Hendak namun pd waktu itu kendaraan roda 4 listrik ini cukup dilengkapi dengan batree yg tidak dpt diisi ulang (non rechargeable). Barulah pada thn 1859 Gaston Planté warga Perancis mendapatkan batree yang dpt diisi ulang, yang mana inovasi ini sangat mempengaruhi evolusi kendaraan roda 4 listrik setelahnya.
Pd thn 1881 setidaknya ada 3 kemajuan bermanfaat dlm perkembangan teknologi mobil listrik.
3 Penemu perancis Camille Faure, Charles Jeantaud beserta Nicholas Raffard menciptakan mobil listrik yang solid yang dilengkapi dengan batree yang sanggup menyimpan listrik.
Goustave Trouvé, seorang penemu perancis menginformasikan kepada dunia sains pd masa itu motor listrik ciptaannya. a pun menjalankan test coba mesin ciptaannya dengan mengaplikasikan pd sepeda dan juga perahu sehabis itu barulah pd Tiga Puluh hari November 1818 pd agenda l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris dgn kata lain pameran elektronik internasional yang diadakan di Paris, Goustave menghadirkan mesin listriknya yg diaplikasikan pd mobil.
DIECAST MOBIL BATMAN Pelalawan
Sebagian bln berikutnya dua Insinyur Inggris, William Ayrton dengan John Perry memberitahukan kendaraan 3 roda elektrik ciptaan mereka yg mana memakaikan motor listrik yg ditempelkan pd roda belakang bagian kanan beserta dilengkapi dgn 12 buah baterai. Dgn motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini sanggup melaju hingga 15 km/jam dengan jarak tempuh kira-kira empat puluh kilometer.
Berkat nggak semua penemuan primer itulah akhirnya kendaraan roda 4 listrik perlahan-lahan menjadi komoditas industri yg mulai menjadi wilayah dari aktivitas ekonomi waktu itu. Pada thn 18Delapan Puluh Empat Thomas Parker Penemu berkebangsaan Inggris menciptakan kendaraan listrik pabrikan buat kesatu kalinya. Ia sebenarnya yakni penemu yang beroperasi pada perseroan Elwell-Parker Ltd, perusahaan yang membuat lokomotif & bis bertenaga listrik. Kendaraan Roda 4 listrik ciptaannya ini baru scr sah dipasarkan kepada publik pd tahun 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga sudah memperkenalkan kendaraan roda 4 ciptaannya pada thn 1891.
Selain itu seorang penemu Perancis, Charles Jeantaud menciptakan kendaraan roda empat listrik ciptaannya pd tahun 1906, yang mana dpt melaju sampai 63 km/jam sekalian memecahkan rekor bagaikan kendaraan listrik tercepat wkt itu.
DIECAST MOBIL BATMAN Pelalawan

Zaman Keemasan Mobil Listrik
Pd tahun1897 pemanfaatan kendaraan listrik mulai merambah ke angkutan publik sebagaimana taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pd thn 1901 mulai memakekan mobil listrik sebagai angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya independen diproduksi oleh oleh perseroan Levallois-Perret beserta kendaraan roda empat tersebut memiliki kemampuan jelajah sejauh 50 km dgn kecepatan tertinggi lima belas km/jam dengan daya angkut 1,5 ton!
Di dunia racing mobil, pd tahun 1899 kendaraan roda empat listrik asal belgia yg bernama ‘jamais contente’ atau yang bermakna ‘tidak tahu puas’ sukses memecahkan rekor kecepatan seratus km/jam! terlebih melewati pesaingnya yang berpenggerak mesin bakar. Kendaraan listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin dengan batere yang memiliki berat 1/2 dari berat mobilnya sendiri merupakan seberat 750kg.
Sesudah lewat perkembangan pesat, perkembangan kendaraan roda 4 listrik akhirnya mendapatkan kemunduran krn dilain sisi perkembangan teknologi mesin bakar terus berkembang hingga puncaknya pada thn 1908 kendaraan roda 4 Ford T nomor satu kali diluncurkan.
DIECAST MOBIL BATMAN Pelalawan
Saat Kemunduran Kendaraan Listrik
Dengan peluncuran kendaraan bakar pertama ini, yaitu cikal bakal industri mobil modern waktu ini dan sekaligus mempengaruhi industri kendaraan roda empat pd waktu itu. Ditambah dengan masih murahnya nilai material bakar dan bujet produksi kendaraan berbahan bakar sampai 2 kali lebih murah dibandingkan kendaraan roda 4 listrik menjadikan kendaraan roda 4 listrik makin lama enggak populer.
