MINIATUR MOBIL GREAT COROLLA Surakarta
Jika pembaca berpikir bahwa kendaraan roda 4 listrik yaitu inovasi globalisasi terkini, anda keliru. Perkembangan teknologi mobil listrik sebenarnya telah dimulai dari abad ke 19. Ini dibuktikan dengan diperkenalkannya nomor satu kali prototype mobil listrik pertama yang dikerjakan pd thn 18Tiga Puluh oleh Robert Anderson seorang cowok Scotlandia. Mau tetapi pada masa itu kendaraan roda empat listrik ini cuman dilengkapi dgn batree yg tak mampu diisi ulang (non rechargeable). Barulah pd tahun 1859 Gaston Planté warga Perancis mendapatkan baterai yg dpt diisi ulang, yang mana inovasi ini sangat mempengaruhi evolusi kendaraan roda empat listrik setelahnya.
Pada thn 1881 setidaknya ada 3 kemajuan primer dalam perkembangan modern kendaraan roda 4 listrik.
3 Penemu perancis Camille Faure, Charles Jeantaud & Nicholas Raffard menciptakan kendaraan roda 4 listrik yang solid yang dilengkapi dgn batree yg dapat menyimpan listrik.
Goustave Trouvé, seorang insinyur perancis menghadirkan kepada dunia sains pd saat itu motor listrik ciptaannya. a pun menjalani percobaan coba mesin ciptaannya dgn mengaplikasikan pada sepeda serta juga perahu sehabis itu barulah pada 31 hari November 1818 pada kegiatan l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris dengan kata lain pameran elektronik dunia yang diadakan di Paris, Goustave memberitahukan mesin listriknya yg diaplikasikan pada mobil.
MINIATUR MOBIL GREAT COROLLA Surakarta
Sejarah Kendaraan Roda Empat Listrik Yg Jarang Kita Ketahui
Tdk Semua 30 hari berikutnya dua Penemu Inggris, William Ayrton & John Perry memperkenalkan kendaraan 3 roda elektrik ciptaan mereka yg mana memakaikan motor listrik yg ditempelkan pada roda belakang area kanan dan dilengkapi dgn 12 buah baterai. Dengan motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini dpt melaju sampai lima belas km/jam dengan jarak tempuh berkisar empat puluh kilometer.
Berkat sebagian inovasi primer itulah akhirnya kendaraan roda 4 listrik perlahan-lahan berubah komoditas industri yang mulai menjelma daerah dari kesibukan ekonomi saat itu. Pd thn 18Delapan Puluh Empat Thomas Parker Penemu berkebangsaan Inggris menghasilkan kendaraan roda 4 listrik pabrikan buat nomor satu kalinya. Ia sedianya ialah penemu yang berprofesi pada perseroan Elwell-Parker Ltd, perusahaan yang menciptakan lokomotif dan bis bertenaga listrik. Kendaraan Roda Empat listrik ciptaannya ini baru scr sah dipasarkan kepada publik pd tahun 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga telah menghadirkan kendaraan roda empat ciptaannya pd tahun 1891.
Selain itu seorang penemu Perancis, Charles Jeantaud menghasilkan mobil listrik ciptaannya pada tahun 1906, yg mana mampu melaju sampai 63 km/jam sekalian memecahkan rekor bagaikan mobil listrik tercepat masa itu.
MINIATUR MOBIL GREAT COROLLA Surakarta
Zaman Keemasan Kendaraan Listrik
Pada tahun1897 penggunaan kendaraan roda 4 listrik mulai merambah ke angkutan publik semacam taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pada tahun 1901 mulai menerapkan kendaraan roda 4 listrik sbg angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya sendiri diproduksi oleh oleh perusahaan Levallois-Perret beserta mobil tsb mendapatkan kemahiran jelajah sejauh 50 km dengan kecepatan tertinggi 15 km/jam dengan daya angkut 1,5 ton!
Di dunia balapan mobil, pada tahun 1899 kendaraan roda empat listrik asal belgia yg bernama ‘jamais contente’ dgn kata lain yg bermakna ‘tidak sudah puas’ sukses memecahkan rekor kecepatan 100 km/jam! bahkan melampaui pesaingnya yg berpenggerak mesin bakar. Kendaraan listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin beserta baterai yang mempunyai berat 1/2 dari berat mobilnya sorangan merupakan seberat 750kg.
Setelah memakai perkembangan pesat, perkembangan mobil listrik akhirnya menemukan kemunduran karena dilain sisi perkembangan modern mesin bakar terus berkembang sampai puncaknya pd tahun 1908 mobil Ford T pertama kali diluncurkan.
MINIATUR MOBIL GREAT COROLLA Surakarta
Waktu Kemunduran Kendaraan Listrik
Dgn peluncuran kendaraan bakar kesatu ini, adalah cikal bakal industri kendaraan modern saat ini serta sekaligus mempengaruhi industri kendaraan pd wkt itu. Ditambah dengan masih murahnya value material bakar serta bujet produksi mobil berbahan dasar bakar hingga 2 kali lebih ekonomis dibandingkan mobil listrik menjadikan mobil listrik semakin enggak populer.